Pada postingan sebelumnya,saya sudah memberikan tutorial menambahkan flash menu ke dalam system ponsel Sony Ericsson dengan menggunakan aplikasi A2Uploader.Selain aplikasi tersebut,masih ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk menambahkan file flash menu ke dalam ponsel SE.Pada artikel ini,saya akan membahas tutorial-nya dengan menggunakan aplikasi XS++.

Sama seperti menggunakan A2Uploader,XS++ juga membutuhkan sebuah PC untuk mentransfer file flash menu ke dalam system sebuah ponsel SE.Selain itu,tentu saja kita juga membutuhkan sebuah kabel data.Langsung saja,ya,mengenai cara menggunakan aplikasi ini,berikut tutorialnya :


1.Siapkan aplikasi XS++.Usahakan untuk menggunakan versi terbaru-nya.Saat ini sudah tersedia versi 3.2.Jika ingin versi yang lebih baru,silakan cari dengan menggunakan google.Untuk mendownload versi 3.2,silakan gunakan link di bawah.

2.Esktrak file rar hasil download di atas dan jalankan file XS++ dengan mengkliknya 2 kali.

3.Matikan ponsel kalian dan connectkan kabel data dari handphone ke PC sambil menekan tombol C.Ingat,ditekan dan ditahan.Jangan sampai terlepas.

4.Tekan tombol “connect” pada aplikasi XS++ dan biarkan aplikasi itu membaca data ponsel sampai muncul notifikasi “ready for operation”.



5.Selanjutnya ,ganti mode yang sebelumnya Flash menjadi FSX dan kemudian klik tombol Start FSX.

6.Tunggu sampai proses analisis file system selesai sehingga muncul gambar seperti di bawah ini :

7.Letakkan flash menu di folder : tpa/preset/system/desktop/flash.

8.Sesudah sampai di folder flash, anda tinggal me-ngupload flash menu yang anda kehendaki, dengan cara me-klik “upload”, cari file yang akan di-upload dan tekan “open”. Secara otomatis flash menu akan tercopy ke folder flash tadi.

9. Setelah merasa cukup,jangan lupa tekan “shut down”.Tunggu sebentar sampai keluar perintah “Disconnected.Unplug the phone”. Lalu lepaskan kabel data dari PC dan hidukan ponsel kalian.Kadang-kadang batere ponsel harus di lepaskan terlebih dahulu agar ponsel bisa  menyala kembali.

10.Langkah terakhir adalah memasukkan temanya.Waktu pertama di masukkan,usahakan untuk menyimpannya di memori ponsel terlebih dahulu,lalu set tema tersebut.Maka menu ponsel SE kalian akan berubah sesuai yang kalian inginkan.Setelah itu,barulah kalian boleh memindahkan file tema tersebut ke memori eksternal.

11. Selamat mencoba dan semoga berhasil.




NB : Tips di atas sudah di test oleh Admin dengan menggunakan ponsel SE W850i dan berhasil dengan sempurna.Jika link download bermasalah,silakan request ke Admin.Secepatnya Admin akan mengupload ulang untuk kalian.