Saya kira,semua teman-teman pasti mengenal ponsel merk Nokia tipe N73.Ponsel itu merupakan salah satu ponsel Nokia yang cukup laris di pasaran karena kualitas kameranya yang unggulan untuk ukuran 3,2 MegaPixel.Ditambah lagi dengan lensa optik Carl Zeiss.Kameranya sangat bagus untuk digunakan ketika mengambil gambar-gambar momen-momen berharga.Menurut sebuah ulasan yang dapat dipercaya,kualitas kamera N73 hanya kalah dari kamera SE K800i.Woww…bagus,kan?

Saya juga mengira bahwa mungkin banyak diantara teman-teman yang mengunjungi blog ini menggunakan Nokia N73.Kalau bukan,ya juga ngga apa-apa.Sekedar menduga-duga saja.
Nah,jika seandainya teman-teman memang pengguna N73 atau mungkin teman dari teman-teman sekalian adalah pengguna N73,aku ingin apakah kalian atau mereka pernah mengalami satu masalah klasik pada ponsel tersebut?Masalah klasik Nokia N73 itu adalah memori penuh atau memory low,istilah bahasa jawa-nya..

Saya kira pasti pernah.Karena bukan hanya teman-teman yang mengalaminya.Teman-temanku di dunia nyata saja banyak yang mengalami hal serupa.Nokia N73 yang mereka gunakan tiba-tiba memunculkan notifikasi memori penuh,padahal sebelumnya normal-normal saja.Awalnya saya mengira hanya masalah sepele.Tetapi setelah browsing sana sini di internet,nanya-nanya ke tempat service ponsel,ternyata…memori penuh itu memang merupakan penyakit mematikan bagi ponsel Nokia N73.

Apakah itu artinya Nokia N73 adalah produk gagal nokia dan merupakan barang jelek?Jawabannya tidak!Nokia N73 bukan produk gagal.Yang menjadi penyebabnya adalah firmware ponsel serta sebuah aplikasi bawaan Nokia N73 itu sendiri,yaitu LifeBlog.Kalian pasti bisa menemukannya di folder aplikasi.

Oke deh kalau begitu.Karena sesungguhnya saya tidak hendak menjelek-jelekkan Nokia N73 (harap para penggemar ponsel N73 ngga marah) juga tidak hendak menjelaskan penyakit ponsel itu (judulnya kan solusi,bukan penyakit),maka baiklah,saya akan memulai penjelasan mengenai solusi mengatasi masalah di atas.

Pertama-tama,kita perlu mengetahui apa penyebab memori penuh pada N73.Masalah itu disebabkan oleh bertumpuknya database pada aplikasi Nokia Lifeblog.Lifeblog sendiri adalah kombinasi perangkat lunak untuk ponsel dan PC yang membuat buku harian multimedia dari pengumpulan item oleh perangkat kalian. Lifeblog mengatur semua foto, video, suara, pesan teks, pesan multimedia, dan posting weblog kalian ke dalam suatu kronologi yang dapat kalian telusuri, cari, bagi, terbitkan, dan dapat dibuat salinan cadangannya.

Sebenarnya Nokia Lifeblog merupakan feature yang menarik. Masalah Low Memory timbul karena Lifeblog secara otomatis menyimpan data-data tersebut ke memori telepon. Dengan kapasitas memori telepon yang hanya 40MB, dalam hitungan minggu tentu akan segera penuh.

Ada satu solusi yang mungkin merupakan solusi terbaik buat mengatasi masalah memori penuh di atas.Solusi tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi Nokia Lifeblog PC, aplikasi khusus untuk me-manage Lifeblog menggunakan PC.Aplikasi tersebut bisa di download langsung dari website Nokia. Sayangnya, aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 16,8 MB.Nokia Lifeblog PC memungkinkan kita untuk memindah data-data yang ada pada Lifeblog HP. Hal itu berarti akan membuat memori telepon Anda kembali kosong/normal.

Tetapi solusi di atas harus menggunakan sebuah PC dan sialnya,cara menggunakannya sedikit rumit.Karena saya tidak mempunyai N73 dan belum mencoba-nya sendiri,jadi solusi di atas silakan kalian coba sendiri.Jika sudah kucoba sendiri,aku akan memberitahukannya kepada kalian nanti…Kalau mau mendapatkan lifeblog for PC,silakan download dari link di bawah.

Opsi kedua adalah dengan menghapus file database lifeblog itu sendiri langsung di ponsel yang mengalami masalah tersebut.Syarat utamanya adalah bahwa ponsel itu harus sudah memiliki aplikasi file manager seperti X-Plore.Caranya mudah,yaitu :

Jalankan X-Plore,terus di option > configuration > centang Show system files/folders.Sekarang system files ponsel akan kelihatan semua.Selanjutnya terus back,silahkan menuju C:>Data>lifeblog>Database>Lifeblog.db

Delete file Lifeblog.db, ups,tidak bisa ya,jangan panik..ada cara tersendiri untuk menghapusnya.Sekarang kembali Folder Database,lalu rename folder Database,terserah mau di rename apa saja yang penting di rename.Nah setelah di rename,coba delete file Lifeblog.db nya.Pasti sudah bisa.

Opsi kedua ini tentu juga punya kelemahan,yaitu sudah harus tersedia aplikasi file manager di ponsel kalian.Jika belum,artinya hanya bisa menggunakan opsi terakhir di bawah ini.Soalnya jika memori penuh sudah muncul,kita tentu tidak akan bisa menginstall aplikasi di ponsel,bukan?

Opsi terakhir tentu sudah jadi jalan keluar paling umum yang pasti sudah ada di benak kalian.Hard Reset!Ya,itulah opsi paling mudah jika mau simpel dan tidak mau repot.Hanya saja,bersiap-siaplah untuk kehilangan semua data di ponsel,termasuk aplikasi dan game yang sudah terinstall!Untuk data ponsel,sebaiknya di backup dulu,seperti kontak dan lain-lainnya.

Cara melakukan hard reset ponsel Nokia symbian sangat mudah.Semua ponsel symbian bisa menggunakan cara ini.Cukup tekan *#7370# dari layar homescreen alias standby,kemudian akan muncul notifikasi “kembali ke pengaturan awal?Telepon akan melakukan restart”.Silakan tekan OK dan akan muncul kotak dialog untuk memasukkan kode kunci ponsel.Silakan masukkan kode kunci ponsel kalian.Kode kunci standar ponsel Nokia adalah 12345.Selanjutnya ponsel akan me-restart.Tunggu hingga menyala kemudian silakan cek memori ponsel kalian.Sebaiknya kalian mencabut kartu memori ketika melakukan Hard Reset.
Cara lain melakukan hard reset jika menggunakan *#7370# tidak berhasil adalah dengan menekan tombol * , 3 , dan dial (hijau/gambar telepon) dalam keadaan mati kemudian nyalakan ponsel.Selama menyala,jangan lepaskan tombol on-off.Biarkan sampai muncul tulisan formatting (pada nokia symbian edisi pertama dan kedua) pada layar ponsel.Pada symbian edisi ketiga,tulisan itu tidak muncul.Petunjuknya formatting-nya adalah waktu nyala yang lebih lama.Jika sudah berhasil,ponsel akan otomatis menanyakan lokasi kalian berada,meminta kalian mengatur jam dan tanggal.Jika gagal,ponsel akan langsung ke layar standby tanpa peringatan apa-apa.Itu artinya tekanan pada tombol kurang pas atau meleset atau tidak tertekan sama sekali.Silakan coba kembali.

Demikianlah solusi mengatasi memori penuh pada N73.Semoga teman-teman tidak mengalami hal serupa,atau jika memang mengalami-nya,tidak usah repot atau panik karena sudah mengetahui penyebab dan bagaimana solusinya.Selamat mencoba.


NB : Tips di atas merupakan rangkuman dari beberapa cara yang pernah Admin coba pada beberapa ponsel N73 teman-teman Admin.Semuanya berhasil dengan baik kecuali cara pertama.Jika teman-teman sekalian mengalami masalah serupa dan tidak bisa menyelesaikannya dengan cara di atas,silakan hubungi Admin melalui Facebook.Admin akan berusaha membantu sebisa mungkin.Terimakasih.