Pada postingan-postingan sebelum-nya,aku sudah memberikan tutorial upgrade firmware handphone Nokia.Semuanya dengan menggunakan software NSU (Nokia Software Updater).Adakah cara lain upgrade firmware selain dengan NSU?Tentu saja ada.Nah,pada artikel kali ini,aku akan memberikan toturial upgrade firmware handphone Nokia dengan menggunakan software Phoenix.

Keunggulan utama menggunakan Phoenix adalah kita bisa melakukan upgrade firmware secara offline.Asalkan data-data firmware terbaru ponsel kita sudah tersedia,tanpa koneksi internet kita bisa melakukannya.Hanya saja,tetap saja untuk mendapatkan firmware terbaru tersebut,kita memerlukan koneksi internet.Keunggulan lainnya,dengan Phoenix kita juga bisa meng-upgrade ponsel yang software-nya bermasalah,hingga ponsel yang mati total.(Mati total karena software,bukan hardware).

Artikel kali ini berdasarkan sumber dari kaskus dan tentu saja havestarantula blog.

Alat-alat yang diperlukan untuk memulai proses upgrade firmware :

1. Phoenix software service 2010.Link download di bawah.

2. Navy Firmware.Link donlot di bawah.

3. Net Framework 2.0 (berguna untuk menjalankan Navy firmware).Jika PC atau Laptop kalian sudah mempunyai versi yang sama atau di atas-nya,file ini tidak perlu di download lagi.Link download di bawah.

4. Kabel data yang kompatible.Nah kalau yang ini nggak bisa didownload,harus beli.

5. Tentu saja sebuah PC atau Laptop.Aku lebih menyarankan untuk menggunakan sebuah Laptop guna menghindari mati listrik di tengah proses upgrade yang bisa berakibat fatal!

6. File Firmware.Kalian bisa mendownload via navifirmware (akan dijelaskan di tutorial),atau bisa juga download firmware di :



Setelah semua peralatan di atas sudah tersedia,marilah kita memulai proses operasi kali ini.Silakan ikuti tutorial di bawah ini agar kalian tidak nyasar dan malah membuat ponsel kalian rusak!!!

Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum proses upgrade :

1. Hapus semua program yang berbau Nokia, seperti Nokia PC suite, Nokia Phone software Updater, Nokia modem driver, nokia connectivity driver, ovi suite dan lainnya melalui control panel>add/remove program.Sebenarnya ini hanya pilihan optional.Tidak dihapus juga tidak apa-apa asalkan semua program di atas tidak dijalankan.Gunakan saja Taskmanager untuk mematikan semua program di atas.

2. Jika kalian memilih meremove program di atas,restart PC setelah itu.

3. Jangan sambungkan handphone ke PC sebelum install phoenix

4. Beberapa antivirus membaca phoenix sebagai virus, jadi selama proses upgrade matikan saja dulu sementara antivirus-nya, agar tidak mengganggu proses upgrade.

5. Matikan screensaver di PC.

6. Batere di ponsel minimal lebih dari 50%, kalau kurang dicharge saja dulu.Lebih baik lagi jika dalam keadaan full.

Cara Upgrade :

1.Install semua program di atas yang sudah kalian dapatkan.Mulai dari Phoenix,navifirm dan Net.framework.

2.Jika kalian ingin mendownload firmware dari Navy Firmware maka buka Navy Firmware (tentu saja dalam keadaan internet tersambung), tunggu sampai loading-nya selesai dan pilih sesuai type ponsel kalian, lalu terakhir pilih all dan download from fiRe atau gunakan saja download manager untuk mendownload file-nya (cara ini sudah diposting pada artikel sebelumnya), terus letakkan file firmware-nya dalam satu folder di C:\program files\nokia\Phoenix\Product,beri nama foldernya sesuai version-nya, misal; C:\program files\nokia\Phoenix\product\RM-437 untuk ponsel Nokia E63.


Atau jika kamu yang sudah mendownload firmware dari website lain (dalam bentuk file *.exe) extrack filenya dengan cara klik 2x nanti akan diminta untuk memilih tempat extrack-nya.Untuk sementara pilih saja My Document:\RM-437.Kalian bisa membuat foldernya sendiri.Ingat,RM-437 adalah kode produk khusus E63.Jadi untuk ponsel lain kodenya berbeda lagi.Cara mengetahui kode ponsel kalian cukup dengan menekan *#0000# di layar homescreen dalam kondisi standby.Setelah itu copy folder RM tadi ke C:\program files\nokia\Phoenix\product\ .

3. Kalau sudah selesai, sekarang waktunya menjalankan phoenix software.

4. Sambungkan ponsel ke PC dalam modus PC suite.

5. Dari Phoenix,Pilih file > manage connections > terus pilih new> dan pilih sambungan sesuai kabel yang kalian gunakan, kalau tidak ada atau tidak mengerti pilih select all saja.



6. Lalu klik Next dan phoenix akan mencari ponsel yang tersambung ke PC,Jika berhasil akan ada tulisan “Found”, klik next terus Finish.


7. Selanjutnya,Pilih file > open product > pilih yang sesuai handphone kalian terus pilih file > scan product.


8. Pilih Flashing > firmware update

9. Selanjutnya akan keluar jendela kecil,pilih varian bahasa yang mau di-install terus klik “refurbish”.

10. Proses upgrade akan berjalan.Ingat,selama proses ini jangan matikan PC,melepaskan kabel data atau mengutak-atik ponsel kalian.Bisa berbahaya!

11. Kalau sudah selesai,akan ada pemberitahuan bahwa proses flashing sudah selesai
(Tapi kalau ada notifikasi gagal dari phoenix,jangan cabut kabel data yang menghubungkan ponsel ke PC dan tunggu sampai hidup).

12. Tunggu sebentar dan ponsel kalian akan restart dengan sendirinya lalu pilih regional dan seterus-nya,seperti waktu pertama kali ponsel habis di Hard reset.Selanjutnya coba cek firmware-nya apakah sudah ter-upgrade atau belum dengan mengetikkan *#0000# di layar homescreen.

Nah,proses upgrade sudah selesai dilakukan.Selanjutnya,bagaimana meng-upgrade firmware ponsel yang mati total karena software?Berikut tutorial-nya :

Caranya hampir sama seperti upgrade offline,hanya ada sedikit perbedaan,yaitu :

1. jalankan phoenix > sambungkan handphone menggunakan kabel data dalam keadaan mati

2. pilih “file > open product”. Pilih Firmware version-nya > OK !

3. Pilih File > manage connections > pilih no connection > apply terus Close

4. pilih “flashing > Firmware update > pilih file firmwarenya”

5. Centang opsi “Dead phone USB Flashing”

6. pilih “refurbish” dan flashing akan berjalan

7. Setelah beberapa detik flashing akan berhenti dan meminta kalian untuk menyalakan ponsel-nya

8. Tekan tombol power sampai lampu latar hidup,biarkan dan proses flashing akan berlanjut lagi

9. Setelah selesai remove kabel data dari PC.

Jika kalian mengalami hal seperti ini :


Cara mengatasinya : Hal ini terjadi karena folder RM-437 belum anda letakkan di C:\program files\nokia\Phoenix\product\

Atau seperti ini :


Cara mengatasinya : Hard reset ponsel dan format memori card dulu sebelum upgrade firmware (ingat, sebelumnya backup dulu data-data, agar tidak hilang).

Selamat mencoba!!!






NB : Semua resiko penggunaan tips di atas di luar tanggung jawab admin.Tips di atas sudah di test oleh Admin dan berhasil dengan baik.Jika ada teman-teman yang kurang jelas,silakan tanya ke admin.Jika link download bermasalah,silakan request kembali.Akan segera diupload ulang.