Pada postingan sebelumnya,aku sudah sedikit menyinggung perihal merubah kode produk ponsel nokia.Nah,aku akan menjelaskan bagaimana caranya pada postingan kali ini.Silakan ikuti tutorialnya di bawah ini.

Ada banyak alasan mengapa seseorang mengubah kode produk ponsel Nokianya, tapi yang paling utama adalah karena perbedaan waktu rilis firmware untuk setiap negara. Merubah kode produk ponsel Nokia atau istilah kerennya debranding atau unbranding bukanlah sesuatu yang mustahil dan bukan pula sesuatu yang sulit. Hanya dengan sebuah tool bernama Nemesis Service Suite (NSS) dan beberapa langkah pengerjaan, kode produk dari sebuah ponsel Nokia bisa disulap sesuai keinginan pengguna.Kode produk ponsel Nokia berbeda di masing – masing negara.Dan firmware untuk tiap – tiap negara atau ponsel di alamatkan pada kode produk tersebut.Semisal kode produk untuk ponsel nokia Indonesia berbeda dengan kode produk dari negara Singapura.

Dengan memanfaatkan kinerja Nokia Software Updater ato NSU yang mendeteksi ketersediaan firmware berdasarkan sebuah kode produk maka menjadi hal yang bisa dan biasa memasang firmware untuk regional atau negara lain ke dalam handset yang datang dari negara berbeda.Jika saat ini kalian membutuhkan tutorial ini dan siap menanggung sendiri segala resikonya, silakan lanjutkan membaca dan memahami langkah – langkah debranding di bawah ini.Tetapi jika kalian ragu dan tak mau mengambil resiko, dengan amat sangat, saya sarankan kepada kalian untuk tidak melakukan pekerjaan ini.

Pekerjaan debranding sebenarnya tidak terlalu sulit.Hanya saja resikonya jika terjadi kesalahan akan mengakibatkan kerusakan pada system ponsel.Ponsel kita bisa crash dan tewas.Untungnya aku tidak mengalami kejadian mengerikan tersebut.Semoga juga kalian yang mengikuti tutorial ini tidak mengalami hal seperti itu.

Alat-alat yang diperlukan ketika akan melakukan debranding adalah :

1.Sebuah PC dengan spesifikasi bebas.Usahakan menggunakan pentium 4 ke atas agar bisa berjalan lebih lancar.Aku juga menyarankan untuk menggunakan sebuah laptop untuk menghindari mati listrik.

2.Kabel data yang sesuai.

3.Nokia PC Suite.Link donlot-nya ada di postingan sebelumnya.

Berikut tutorial debranding :

1. Download Nemesis Service Suite (NSS) kemudian install di PC

Sewaktu instalasi NSS tetapkan pilihan pada opsi default yaitu Virtual USB mode.

2. Pastikan Nokia PC Suite atau Nokia Ovi Suite atau NSU tidak sedang berjalan.

Jika salah satu dari ketiganya masih berjalan (dibackground), NSS tidak akan bisa mendeteksi ponsel (selalu error).Silakan matikan dengan menggunakan taskman.

3. Koneksikan ponsel ke komputer dengan kabel data (USB) dan pilih PC Suite mode.

4. Buka Nemesis Service Suite.

5. Klik tombol Scan For New Device dibagian kanan atas.


6. Klik tombol Phone Info.


7. Klik tombol Scan.


8. Klik tombol Read.

Langkah ke 8 ini sebenarnya bisa dilewati namun jika ingin memastikan kode produk ponsel tidak ada salahnya untuk melakukannya.

9. Ketikkan kode produk baru di kolom Product Code.

Untuk mengetahui kode produk Nokia dari berbagai negara didunia sekaligus kode produk mana saja yang telah rilis firmware versi terbarunya gunakanlah Navifirm.Navifirm membutuhkan koneksi internet untuk mengumpulkan dan mengunduh data dari server resmi Nokia.Cara menggunakannya bisa dibaca di postingan sebelumnya.Dan sebaiknya pilihlah kode produk dari warna ponsel yang sama dengan warna ponsel kita.

10. Centang pada kotak cek Enable dan klik tombol Write.

Selesai dan untuk meyakinkan kode produk ponsel telah berubah tekan lagi tombol Read.Tutup NSS dan buka NSU untuk selanjutnya melakukan upgrade firmware.Silakan baca tutorialnya pada postingan sebelumnya.

Kalau mau mengembalikan ke kode produk semula lakukan hal sama seperti langkah – langkah diatas.


Sumber : VPA tology

NB : Segala resiko atas penggunaan tips di atas di luar tanggung jawab admin.Tips di atas sudah di test sendiri dengan menggunakan ponsel nokia E63 Blue edition milik admin dan berhasil dengan baik.