Font default symbian edisi ketiga memang terasa sangat miskin, baik dukungan terhadap bahasa/karakter maupun terhadap simbol. Sehingga seringkali kita mengalami kesulitan ketika menggunakan aplikasi – aplikasi tertentu (Python misalnya) atau melakukan modifikasi. Apalagi yang suka chatting, pasti sering bingung saat chatter lain menggunakan karakter atau simbol yang tidak didukung font bawaan ponsel . Untuk mengatasi permasalahan ini, jalan terbaik adalah mengganti font default dengan font yang mendukung multibahasa dan ribuan simbol.

Tetapi kebanyakan font-font yang beredar di internet hanyalah font-font biasa yang sama sekali tidak mendukung penggunaan simbol-simbol dan juga tulisan asing,seperti arab dan chinese.Aku sendiri pernah menggunakan font-font hasil download itu dan ketika mendapatkan aplikasi berbasis tulisan chinese,yang muncul justru tulisan berkotak-kotak aneh!Mungkin kalian juga pernah mengalaminya,kan?
Akhirnya setelah sekian lama mencari-cari dan bertanya sana sini,juga pada mbah google,aku menemukan font-font berbasis multibahasa yang mendukung banyak simbol dan bahasa lain,terutama chinese dan arab.Kan tulisan keduanya beda,tuh..ngga pake tulisan latin kayak huruf-huruf negara lainnya.

Berikut ini font-font tersebut.Silakan donlot saja jika berminat :










10. Cour



Untuk menerapkan font – font ini di ponsel symbian edisi ketiga, kita memerlukan FontRouter.LT (unsigned) dan GUI-nya, FontRouterMan.Sebab ada diantara font di atas yang ketika dipasang posisinya tidak pas dengan layar(dengan pengaturan default dari FontRouter).

Bagi ponsel yang belum/tidak dihack, sign dulu FontRouter.LT-nya sebelum instalasi. Dan kalau ada pesan error ‘Sertifikat kadaluarsa’ saat memasang FontRouterMan, manipulasi saja dengan cara memundurkan tanggal ponsel ke setahun sebelumnya.(Silakan baca postingan sebelumnya).

Berikut cara penerapan atau pemasangan font dengan FontRouter :

Setelah FontRouter.LT dan FontRouterMan diinstalasi, letakkan font yang akan digunakan di E:\Data\Fonts. Buka FontRouterMan klik Options > Open font, arahkan ke tempat kita meletakkan font tadi lalu klik file font-nya. Selanjutnya Enable-kan FontRouterMan. Sampai disini kita bisa langsung merestart ponsel. Pengaturan atau adjustment lainnya, sebaiknya kita lakukan setelah merestart ponsel, yakni setelah kita melihat hasilnya dulu.

Seperti yang kusinggung di atas, ada beberapa font yang harus diatur letaknya karena terlampau turun sehingga hanya sebagian jasadnya saja yang tampak di layar. Pengaturan posisi turun naik font ini dapat di set di ruas Y adjust. Satu lagi pengaturan yang harus diperhatikan yaitu jarak antar huruf. Sebab diantaranya ada yang jaraknya terlalu jauh sehingga tulisan jadi melebar. Pengaturan gap huruf ini ada di ruas CharGapAdj. Sementara pengaturan lain seperti ukuran (besar kecilnya) huruf sesuaikan dengan selera masing – masing.

Untuk font nomor 7 sampai 12,gunakan saja setingan di bawah ini.



Karena semua font di atas sudah mendukung multibahasa/karakter (termasuk karakter huruf China) maka jadikan saja font ini sebagai font default. Dengan kata lain, kita tidak perlu lagi mengkombinasikannya dengan font pabrikan karena semuanya sudah diakomodir dengan baik oleh font – font ini.


Link alternatif untuk mendownload FontRouterLT + FontRouterMan FP1 dalam satu arsip.

Selamat menikmati font-font baru yang menarik di ponsel kalian.

NB : Semua resiko penggunaan font di atas di luar tanggung jawab admin.Jika terjadi ponsel blank,itu artinya font yang digunakan terlalu berat untuk ponsel tersebut.Cabut memori card ponsel dan nyalakan tanpa memori tersebut.Jika masih tidak bisa,silakan lakukan reset ulang melalui dengan cara menekan tombol * , 3 , tombol hijau/call dan on/off dalam keadaan ponsel mati.Informasi lebih lanjut silakan hubungi admin.Jika link donlot bermasalah,silakan request ke admin.Akan segera diupload ulang.

Sumber : labuberbulu.wordpress.com