Pada postingan sebelumnya,aku sudah memberikan tutorial hacking system ponsel symbian untuk symbian edisi ketiga pre FP1 seperti Nokia N73.Nah,pada postingan kali ini,aku akan memberikan tutorial hacking system ponsel symbian edisi ketiga FP1 dan Fp2.Aku sendiri sudah mencoba cara ini pada handphone Nokia E63 dan E71.Keduanya berhasil sempurna.

Untuk mulai prosesi hacking,teman-teman sekalian memerlukan beberapa aplikasi yaitu X-Plore,MapDrives dan HelloOX2,serta beberapa file yang akan membantu proses hacking,di sini aku memberinya nama Copy_to_A.Untuk aplikasi X-Plore,kalian bisa mendapatkannya dari situs LCG di http://www.lonelycatgames.com.Sedangkan aplikasi MapDrives bisa mendownloadnya di sini,HelloOX2 (kusarankan menggunakan versi 2.03) di sini , dan file Copy_to_A di sini.Setelah berhasil mendapatkan semua aplikasi itu,maka proses hacking siap dilakukan.

Tahap pertama proses hacking kali ini tentu saja adalah memberikan sertifikat pada file-file aplikasi yang telah kalian download.Perlu diketahui bahwa aplikasi MapDrives dan helloOX2 adalah aplikasi Unsigned,jadi kalian harus men-signed-nya terlebih dahulu.Caranya sudah aku ajarkan pada postingan sebelumnya.Lebih baik kalian men-signed-nya dengan menggunakan root certifikat OPDA karena jika menggunakan root certifikat lain,belum tentu proses hacking akan berhasil.Selanjutnya copy file Copy_To_A ke dalam memory card ponsel.File Copy_To_A yang kuberikan pada kalian masih dalam format rar sehingga kalian mungkin perlu mengekstraknya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam memory.

Setelah selesai melaksanakan tahap pertama,kita akan melanjutkan prosesi ke tahap kedua.Berikut adalah tutorial memulai hacking ponsel symbian teman-teman.

1.Install aplikasi X-Plore versi berapa saja yang telah kalian dapatkan ke ponsel.

2.Install aplikasi MapDrives yang telah kalian download dan signed di atas ke ponsel.

3.Jalankan aplikasi MapDrives.Kalian cukup menekan OK atau pilihan buka pada icon aplikasi MapDrives.Pada E63 dan E71 yang kucoba,aku tidak melihat adanya reaksi setelah dibuka.Seolah-olah aplikasi tidak bisa digunakan.Abaikan saja karena memang begitu adanya.

4.Sekarang jalankan aplikasi X-Plore.Pilih menu tool–configuration–terus checklist 4 option paling atas yang tersedia.

5.Kalian akan menemukan drive A,C,D,E, dan Z setelah melakukan configurasi.

6.Copy file yang terdapat dalam folder Copy_To_A yang kalian simpan dalam memory card ke dalam drive A tadi.

7.Keluarlah dari aplikasi X-Plore dan lanjutkan dengan menginstall aplikasi HelloOX2 versi 2.03 yang sudah kalian download ke dalam ponsel.

8.Setelah selesai menginstall,restart hape.

9.Setelah menyala kembali,jalankan aplikasi HelloOX2.

10.Kalian akan langsung disodori dua pilihan yaitu Unhack my Phone dan Hack my Phone Again.Pilih opsi Hack My Phone again dan HelloOX2 akan memulai proses hacking.

11.Biarkan proses hacking berjalan.Jangan memencet cancel atau membatalkan proses.

12.Proses hacking HelloOX2 memerlukan waktu sekitar 5 menit pada E63 dan E71 yang kucoba,tetapi itu bukan waktu pasti.Jadi waktu tersebut tidak bisa menjadi patokan.Hanya saja jika sampai 30 menit masih belum selesai,artinya hacking gagal.Restart hape kalian dan coba lagi.Ada beberapa ponsel yang mungkin perlu beberapa kali restart sebelum berhasil di hack.Untungnya aku tidak mengalaminya karena langsung berhasil.

13.Setelah proses Hacking selesai,biasanya HelloOX2 akan menutup dengan sendirinya.Nah,sekarang kalian akan memperoleh menu baru pada ponsel kalian yaitu menu RomPatcher+.

14.Aplikasi RomPatcher+ inilah kunci hacking ponsel kalian.Jangan pernah mencoba untuk menghapusnya dari menu.

15.Jalankan aplikasi RomPatcher+.Kalian akan mendapatkan sebuah notifikasi.Acuhkan saja dengan mengklik Ok.Kalian kemudian akan menemukan menu Open4All_RP+.Tekan saja OK(tombol tengah navigasi) atau pilihan menu Add to Auto dengan menekan options.Menu Open4All_RP+ akan diberi tanda centang.

16.Keluar dari RomPatcher+ dan masuklah ke X-Plore.

17.Jika sebelumnya kalian tidak bisa membuka folder private dan sys pada drive C dan E,maka sekarang kalian sudah bisa membuka kedua folder itu sebagai tanda bahwa proses hacking sudah berhasil.Kalian bisa mencobanya dengan menginstall aplikasi unsigned.

18.Untuk menutup folder private dan sys agar aman,masuk kembali ke aplikasi RomPatcher+ dan tekan OK pada menu Open4All_RP+.Jika tanda centang pada menu itu hilang,artinya folder private dan sys sudah tertutup.

Nah,sekarang kalian sudah bisa menginstall aplikasi apapun tanpa harus mendapatkan notifikasi sertifikat erorr atau kadaluarsa lagi.Hanya saja aku tidak memberikan jaminan atau ganti rugi jika proses hacking gagal dan handphone kalian crash.Segala resiko menjadi tanggungan kalian sendiri.Selamat mencoba dan semoga berhasil~!!