Bagi pengguna handphone symbian,tentu sudah tidak asing dengan berbagai macam versi system operasi sebagian besar smartphone Nokia itu.Seperti sudah aku bahas pada post-ingan blog-ku sebelumnya,symbian pada ponsel Nokia terdiri atas tiga bagian besar yaitu Symbian Edisi pertama,kedua dan ketiga~sekarang sudah sampai lima.

Pada symbian edisi pertama dan kedua,kita tidak akan mengalami masalah berarti dalam user interface maupun instalasi aplikasi,tetapi tidak pada symbian 3rd edition.Pada symbian edisi ketiga ini,kita akan menemui berbagai macam kesulitan ketika menginstall aplikasi tidak terpercaya/unsigned.

Nah,pada postingan sebelumnya,aku sudah membahas bagaimana cara mensigned aplikasi yang tidak terpercaya/unsigned.Selain dengan cara itu,ada cara lain supaya kita bisa dengan mudah menginstall semua aplikasi ke dalam sebuah system ponsel symbian edisi ketiga,yaitu hacking system.Aku akan memberikan tutorial menghacking system ponsel symbian teman-teman sehingga bisa menerima aplikasi apapun tanpa kecuali.Berikut tutorialnya.

Untuk tutorial kali ini,aku hanya memberikan tips kepada pengguna symbian edisi ketiga pre FP 1.Aku sudah mencoba tutorial ini pada N73,6120c,N95 8GB,N81 dan semuanya berhasil.Ketika ku ujicoba ke E63,hasilnya gagal.Namun pengguna E63 alias symbian edisi ketiga FP1 dan FP2 tidak usah khawatir karena aku akan memberikan tutorial berbeda pada kalian di postingan berikutnya.

Sebelum memulai prosesi hacking system ponsel symbian,teman-teman memerlukan beberapa aplikasi yaitu hello carbide,caps on,caps off dan x-plore.Biar gampang,teman-teman juga bisa menginstall aplikasi drakkarious.Dalam aplikasi bundelan itu sudah tersedia hello carbide,caps on,caps off dan x-plore.Kalian bisa mendapatkannya di sini.Link mirror sudah ditambahkan di bawah.

Kalian perlu merubah tanggal ponsel ke 1 januari 2007 agar aplikasi drakkarious bisa diinstall tanpa peringatan sertifikat kadaluarsa.Pada saat menginstall,akan keluar pilihan optional apakah kalian akan menginstall untuk symbian edisi ketiga FP1 dan FP2 atau Pre FP1.Centang box pada Pre FP1 dan biarkan box FP1 dan FP2 dalam keadaan kosong.Tunggu hingga selesai diinstall dan hacking siap dilaksanakan.Jika gagal diinstal,maka mungkin pilihan kalian salah.Install kembali dengan mencentang box FP1 dan Fp2 serta biarkan Pre FP1.

1.Masuklah ke menu ponsel dan jalankan aplikasi X-Plore.Abaikan saja notifikasi unregistered version dan klik OK saja.

2.Keluarlah dari X-Plore tanpa menutup aplikasi itu.Caranya dengan menekan tombol menu sehingga X-Plore akan berjalan dalam ‘hide’.

3.Jalankan aplikasi Hello Carbide.Kalian mungkin hanya akan mendapatkan layar blank tanpa tulisan kecuali pilihan dan keluar di bawah layar.Klik pilihan.

4.Kalian akan menemukan windows dengan tulisan Menu1,Dump,Patch,Check,Menu5 dan Exit.Pilih Menu1.

5.Muncul windows baru dengan tulisan Done…probably.Pada layar bawah ada pilihan No dan Yes.Klik saja Yes.Jika menu ini tidak muncul,artinya pilihan versi waktu menginstall salah.Remove aplikasi drakkarious dari aplikasi manager dan install kembali dengan memilih versi berbeda.(Kesalahan terjadi pada waktu mencentang box versi FP1 dan Fp2 atau box Pre FP1 pada awal penginstallan.Ulangi penginstallan dengan mencentang box berbeda pada instalasi kedua.Jika setelah ini masih gagal,artinya ponsel kalian tidak bisa di hack dengan drakkarious.Silakan lanjutkan dengan tutorial hacking part 2).

6.Keluar dari Hello Carbide dan kembalilah ke X-Plore.Ingat,jika kalian salah menjalankan tahap 2 dan keluar dari X-Plore,maka kalian tidak akan bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.Sebaliknya jika sesuai dan X-plore tetap berjalan di bawah system,maka kalian bisa lanjut ke tahap berikut.Kesalahan pada tahap 2 akan membuat kalian tidak akan bisa membuka aplikasi apapun.

7.Masih di X-Plore,kalian akan menemukan file hack.rar di drive c.

8.Klik menu pilihan,file dan open pada file tersebut atau tekan tombol OK saja(tombol tengah joystick).

9.Setelah terbuka,tekan menu/softkey kiri,akan muncul windows dengan menu file,mark,scroll dan back.Pilih menu file.

10.Pada windows berikutnya,akan muncul menu open,open by system,extract to,hex viewer, dan show details.Pilihlah menu extract to.

11.Kalian akan otomatis dibawa kembali ke drive c.Masuklah ke folder c/sys/bin.Masih di folder bin,tekan tombol OK(joystick tengah).X-plore akan mengekstrak file dalam hack.rar ke dalam folder c/sys/bin.

12.Setelah selesai,kalian boleh memilih menu exit pada X-Plore dan restart ponsel kalian.

13.Hacking selesai.

Nah,setelah ponsel menyala kembali,kalian bisa mencoba menginstall aplikasi yang kalian inginkan.Jika semua tahap di atas sudah kalian lalui dengan baik,maka kalian tidak akan menemukan peringatan sertifikat erorr atau kadaluarsa lagi ketika menginstall sebuah aplikasi.Selamat Mencoba.

Jika kalian sudah melakukan semua tahap di atas dan gagal ketika menginstall aplikasi (biasanya file installer dianggap rusak/korup),maka artinya terjadi kesalahan versi penginstallan.Cara mengatasinya adalah dengan menghapus file CProfDriver_SISX.ldd dan installserver.exe (kedua file ini terdapat dalam hack.rar) dari dalam folder c/sys/bin.Selanjutnya Remove drakkarious dan install kembali dengan mencentang box berbeda dari sebelumnya.(Jika sebelumnya mencentang box PreFP1,kali ini centang box FP1 dan FP2,begitu juga sebaliknya).

NB:Sebelum di hack,kalian tidak akan bisa membuka folder private dan sys pada drive c dan e ponsel.Setelah di hack,kalian bisa membuka dan menutup folder-folder itu dengan bantuan aplikasi caps on dan caps off.




NB : Semua tips di atas sudah di test oleh Admin.Segala resiko kegagalan karena kesalahan penggunaan tips di atas di luar tanggung jawab Admin.Jika ada yang kurang jelas,silakan hubungi Admin.